Home » » Nokia Kewalahan Lawan Ponsel China

Nokia Kewalahan Lawan Ponsel China

Jakarta - Serbuan ponsel buatan China memang tak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan Gartner selaku biro riset terkemuka menyimpulkan, penetrasi ponsel China dengan cepat mengikis vendor ponsel mapan seperti Nokia, khususnya di negara berkembang.

Dikutip detikINET dari Reuters, Kamis (11/11/2010), Gartner yang mengkategorikan ponsel China sebagai tidak bermerek, memprediksi pengapalannya akan naik 30% pada tahun 2010. Ponsel asal Negeri Tirai Bambu ini berekspansi di Afrika, Asia, Amerika Latin dan Rusia.

Sepak terjang ponsel China sudah dirasakan Nokia, yang menurut Gartner pangsa pasar globalnya turun drastis jadi 28,2% pada kuartal 3 2010, padahal periode yang sama tahun 2009 mencapai 36,7%. Samsung serta LG di posisi dua dan tiga juga terkena imbas.

"Isu ini lebih penting bagi Nokia daripada lainnya. Sebab, Nokia yang yang selama ini menguasai pasar ponsel low end," ucap Carolina Milanesi, Vice President Gartner.

Di pasar kunci seperti India, market share Nokia kini 'hanya' 31%, dari yang sebelumnya 51%. Vendor asal Finlandia tersebut jelas perlu mewaspadai tren penurunan ini. Dalam penelitiannya mengenai pasar ponsel, Gartner melacak penjualan yang terjadi ke konsumen via retail dan operator. Sedangkan biro riset lainnya biasanya berdasarkan pengapalan ponsel oleh vendor.

Sumber:http://www.detikinet.com/read/2010/11/11/164559/1492378/317/nokia-kewalahan-lawan-ponsel-china/?i991102105
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

1 comments:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tutorial Blog & Komputer - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger